PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia

Jumat, 09 Desember 2011

MAKALAH AUDIT SDM

BAB I

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Manusia merupakan faktor penentu terpenting dalam kemajuan zaman. Hal tersebut harus diakui karena perkembangan dunia saat ini adalah hasil dari pemikiran manusiauntuk mampu memenuhi keinginan dan kebutuhan hidup manusia itu sendiri. Di bidang ekonomi dan bisnis, hal tersebut berhubungan dengan kemampuan perusahaan-perusahaan untuk mengikuti laju perkembangan dan kepekaan perusahaan-perusahaan tersebut terhadap perubahan yang terjadi di dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, factor manusia dalam perusahaan harus dikelola dengan baik untuk menunjang produktivitas peerusahaan agar perusahaan dapat unggul dalam persaingan usaha.
Manajemen sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan efektivitas sumber daya manusiadalam perusahaan. Efektivitas dapat dipahami sebagai derajat keberhasilan suatu organisasi (perusahaan) dalam usahanya untuk mencapai apa yang menjadi tujuan organisasi (perusahaan) tersebut (Johny Setyawan,1998). Dengan pengelolaan sumber daya manusia yang tepat,akan menunjukkan bagaimana perusahaan bisa menunjukkan bagaimana perusahaan bisa mendapatkan, mengembangkan, dan mengevaluasi karyawan sesuai dengan kualifikasi perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan.
Manajemen sumber daya manusia diselenggarakan oleh bagian tersendiri dalam perusahaan yang disebut fungsi sumber daya manusia (SDM). Fungsi SDM bertanggungjawab dalam mengelola dan meningkatkan sumber daya manusia yang dimiliki. Selain itu, fungsi SDM juga berusaha untuk selalu memonitor kegiatan serta kabutuhan-kebutuhan SDM dalam perusahaan agar tercipta suasana yang harmonis di lingkungan kerja. Untuk mengembangkan fungsi SDM, harus disadari bahwa manusia bukanlah benda mati sebab manusia memiliki perasaan, oleh karena itu SDM tidak hanya membutuhkan materi tetapi juga membutuhkan pengakuan dam penghargaan atas prestasi dan kontribusi mereka terhadap perusahaan (Nitisemito, 1996).
B. Rumusan Masalah
Mengingat begitu pentingnya peran dan fungsi SDM terhadap keberhasilan perusahaan, maka perlu dilakukan penilaian untuk memastikan apakah fungsi ini telah mampu memberikan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan, yang meliputi :
• Terpenuhinya SDM yang memenuhi kualifikasi perusahaan.
• Proses SDM telah berjalan dengan baik, wajar, dan objektif.
• Pemberdayaan SDM menjadi bagian utama dalam pengelolaan perusahaan.
• Menjadikan kepuasan kerja karyawan sebagai bagian dari keberhasilan perusahaan.
• Masalah lain yang berhubungan dengan perusahaan.

BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Audit SDM
Audit SDM merupakan penilaian dan analisis yang komprehensif terhadap program-program SDM. Audit SDM menekankan penilaian (evaluasi) terhadap berbagai aktivisas SDM yang terjadi pada perusahaan dalam rangka memastikan apakah aktivitas tersebut telah berjalan secara ekonomis, efisien, dan efektif dalam mencapai tujuannya dan memberikan rekomendasi perbaikan atas berbagai kekurngan yang masih terjadi pada aktivitas SDM yang diaudit untuk meningkatkan kinerja dan program/aktivitas tersebut.
Kerangka Kerja Audit SDM
Kerangka Kerja Audit SDM menghubungkan pengelolaan SDM dengan tujuan bisnis perusahaan secara keseluruhan.

Tujuan Audit SDM
1. Menilai efektifitas dan fungsi SDM
2. Menilai apakah program/aktivitas SDM telah berjalan secara ekonomis,efektif, dan efisien.
3. Memastikan ketaatan berbagai program/aktivitas SDM terhadap ketentuan hukum, peraturan, dan kebijakan yang berlaku di perusahaan.
4. Mengidentifikasi berbagai hal yang masih dapat ditingkatkan terhadap aktivitas SDM dalam menunjang kontribusinya terhadap perusahaan.
5. Merumuskan beberapa langkah perbaikan yang tepat untuk meningkatkan ekonomisasi, efisiensi, dan efektivitas berbagai program/aktivitas SDM.
Manfaat Audit SDM
1. Mengidentifikasi kontribusi dari Departemen SDM terhadap organisasi
2. Meningkatkan citra profesional Departemen SDM
3. Memperjelas tugas-tugas dan tanggung jawab Departemen SDM
4. Menemukan masalah-masalah kritis dalam bidang SDM
Pendekatan Audit SDM
1. Menentukan ketaatan pada hukum dan peraturan yang berlaku
Audit menekankan penilaian bagaimana perusahaan menetapkan berbagai aturan dan kebijakan yang secara internal berlaku di perusahaan,apakah sesuai dengan aturan dan hukum yang ditetapkan pemerintah sebagai pemegang otoritas dan apakah setiap komponen dalam organisasi menjalankan aktivitasnya sesuai dengan aturan dan kebijakan tersebut.
2. Mengukur kesesuaian program dengan tujuan organisasi
Pemahaman terhadap tujuan perusahaan dan strategi pencapaiannya, menjadi dasar dalam penyusunan program setiap fungsi bisnis. Trend yang berkembang saat ini, dimama SDM adalah sumber kekuatan bersaing perusahaan,menantang manajer SDM untuk berinovasi dalam menciptakan model pengelolaan SDM yang tepat, sesuai dengan strategi yang telah ditetapkan.
3. Mengukur kinerja program
Mengukur kinerja program berarti menghubungkan aktivitas actual program SDM yang diaudit dengan ukuran-ukuran keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Langkah-langkah Audit
1. Audit pendahuluan
Pada tahap ini, auditor menekankan auditnya pada pencarian informasi latar belakang dan gambaran umum terhadap program/aktivitas SDM yang diaudit.

2. Criteria
Criteria merupakan standar (norma) yang menjadi pedoman bertindak bagi setiap individu dan kelompok dalam organisasi.
3. Penyebab
Penyebab (cause) merupakan pelaksanaan program-program SDM dalam organisasi yang menyebabkan terjadinya kondisi SDM yang ada pada saat ini.
4. Akibat
Akibat (effect) merupakan sesuatu yang harus ditanggung atau dinikmati perusahaan karena terjadinya perbedaan aktivitas yang seharusnya dilakukan (berdasarkan criteria) dengan aktivitas actual yang terjadi di lapangan (dilakukan oleh setiap komponen dalam organisasi).
5. Tindak lanjut
Tindak lanjut merupakan implementasi dari rekomendasi yang diajukan oleh auditor.Manajemen dan auditor harus sepakat dan secara bersam-sama dalam melaksanakan tindak lanjut perbaikan tersebut.

Ruang Lingkup Audit
Pengelompokan ruang lingkup audit SDM dan sumber informasinya.
Ruang lingkup audit Sumber informasi
Rekrutmen SDM
1.
2.
3.
4. Perencanaan SDM
Rekrutmen
Seleksi dan penempatan
Orientasi dan penempatan Anggaran SDM
Data (catatan) biaya rekrutmen
Uraian dan spesifikasi pekerjaan
Tingkat penerimaan karyawan
Catatan wawancara karyawan
Catatan lamaran yang ditolak
Permintaan transfer
Pengelolaan SDM
1.
2.
3.
4.
5. Pelatihan dan pengembangan karyawan
Keselamatan dan kesehatan kerja
Kesejahteraan karyawan
Hubungan kerja
Penilaian kinerja Data biaya pelatihan
Catatan produksi
Catatan kecelakaan kerja
Catatan pengendalian kualitas
Catatan produktivitas karyawan
Catatan penilaian kinerja
Catatan kegagalan produk
Catatan kehadiran karyawan
Catatan tindakan desiplin terhadap karyawan
Data gaji dan tunjangan karyawan
Laporan survey penggajian
Catatan perputaran karyawan
Laporan survey biaya hidup
Catatan keluhan karyawan
Tuntutan serikat pekerja
Pemutusan Hubungan Kerja
1.
2.

3.
4. Memasuki usia pension
Pengunduran diri karyawan

Pelanggaran disiplin
Karyawan meninggal Aturan pension
Aturan mengenai kompensasi (penghargaan)
karyawan
Aturan disiplin karyawan
Aturan sanksi karyawan
Hak dan kewajiban bagi karyawan yang masuk dalam program pemutusan hubungan kerja

Program Kerja Audit
Program kerja audit,atau cukup disebut program audit,merupakan rencana dan langkah kerja yang harus diikuti oleh auditor dalam melaksanakan tugas audit, berdasarkan tujuan, dan tujuan audit yang telah ditetapkan.
Audit atas Perolehan SDM
• Perencanaan SDM
Merupakan proses analisis dan identifikasi tentang kebutuhan dan ketersediaan SDM untuk menyelesaikan berbagai bidang tugas dan tanggungjawab yang harus dikelola perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Tahapan proses perencanaan SDM



Manfaat dari perencanaan SDM adalah :
1. Perusahaan dapat memanfaatkan secara optimal SDM yang sudah ada di perusahaan
2. Meningkat efektivitas kerja
3. Meningkat produktivitas kerja karyawan
4. Tersedianya SDM yang memenuhi kualifikasi untuk memegang wewenang dan tanggung jawab yang lebih besar di masa yang akan datang
5. Menyediakan dasar penyusunan program SDM bagi fungsi SDM

 Rekrutmen
Rekrutmen meliputi upaya pencarian sejumlah calon karyawan yang memenuhi syarat dalam jumlah tertentu sehingga dari mereka perusahaan dapat menyeleksi orang-orang yang paling tepat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang ada.




Proses rekrutmen


 Seleksi dan penempatan
 Seleksi adalah proses mendapatkan dan menggunakan informasi mengenai pelamar kerja untuk menentukan siapa yang seharusnya diterima menduduki posisi jangka pendek dan jangka panjang.
 Penempatan (placement) berkaitan dengan pencocokan seseorang dengan jabatan yang akan dipegangnya.

Proses seleksi

Audit atas Pengelolaan Sumber Daya Manusia
 Pelatihan dan pengembangan karyawan
Pelatihan dan pengembangan karyawan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan SDM dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Langkah-langkah Pelatihan dan Pengembangan


 Perencanaan dan pengembangan karier
Perencanaan dan pengembangan karir karyawan menunjukkan semakin meningkatnya kemampuan karyawan tersebut dalam memegang tugas, wewenang, dan tanggunga jawab yang lebih besar dalam pekerjaannya. Pola pikir pemberdayaan dalam pengelolaan SDM, menjadikan perencanaan dan pengembangan karir sebagai hal yang penting.
 Penilaian Kinerja
Penilaian kinerja karyawan pada dasrnya adalah menghubungkan kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan standar keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya.
 Kompensasi balas jasa
Kompensasi adalah sesuatu yang diterima karyawan sebagai pengganti (imbalan) atas kontribusi yang telah diberikan karyawan pada perusahaan. Hal ini merupkan salah stu bentuk pelaksanaan fungsi manajemen SDM yang berhubungan dengan semua jenis pemberian penghargaan individual atas jasa, keahlian atau pekerjaan, dan kesetiaan karyawan pada perusahaan.
 Keselamatan dan kesehatan kerja
Keselamatan dan kesehatan kerja mengacu pada kondisi fisiologis-fisik dan psikologis karyawan yang diakibatkan oleh lingkungan dan fasilitas kerja yang disediakan oleh perusahaan. Agar dapat menekan kecelakaan dan sakitnya karyawan dalam bekerja, maka dapat dilakukan dengan :
1. Pemantauan tingkat Keselamatan dan Kesehatan Kerja
2. Mengendalikan Stres dan Kelelahan Kerja
3. Mengembangkan kebijakan Kesehatan Kerja
4. Menciptakan Program Kebugaran.
 Kepuasan kerja karyawan
Setiap individu memiliki tingkat kepasan yang berbeda-beda sesuai dengan sitem nilai yang berlaku pada dirinya.Semakin tinggi penilaian terhadap kegiatan dirasakan sesuai dengan keinginan individu, maka semakin tinggi pula kepuasannya terhadap kegiatan tersebut.
Audit atas Pengurangan Sumber Daya Manusia
Perubahan lingkungan bisnis dimana perusahaan harus mampu beroperasi dengan sangat efisien, juga menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan dalam organisasinya. Kemungkinan yang sering terjadi adalah kebijakan untuk melakukan rekstrukturisasi . Sebagai akibaynya maka, pengurangan tenaga kerja merupakan konsekuaensi yang harus terjadi. Pengurangan tenaga kerja merupakan keputusan yang tidak berdiri sendiri. Berbagai kepentingan perusahaan harus diselamatkan agar perusahaan bisa bertahan hidup dan ikut bermain dalam persainga yang sangat tinggi intensitasnya.
Model untuk Proses Pengembangan dan Rencana Restrukturisasi


BAB III
KESIMPULAN
Audit SDM merupakan penilaian dan analisis yang komprehensif terhadap program-program SDM. Audit SDM menekankan penilaian (evaluasi) terhadap berbagai aktivisas SDM yang terjadi pada perusahaan dalam rangka memastikan apakah aktivitas tersebut telah berjalan secara ekonomis, efisien, dan efektif dalam mencapai tujuannya dan memberikan rekomendasi perbaikan atas berbagai kekurngan yang masih terjadi pada aktivitas SDM yang diaudit untuk meningkatkan kinerja dan program/aktivitas tersebut.

Perubahan lingkungan bisnis dimana perusahaan harus mampu beroperasi dengan sangat efisien, juga menuntut perusahaan untuk melakukan perubahan dalam organisasinya.

3 comments:

Unknown mengatakan...

hay mbak...
sya ble minta tolong? sya dpat tgas dri dosen nyari laporan audit personalia sebuah perusahaan, ada ga sma mbak? klo ad tolong dkirim ya mbak ke email saya kaban_tommy@yahoo.com
mhon bantuannya mbak

Unknown mengatakan...

hay mbak...
sya ble minta tolong? sya dpat tgas dri dosen nyari laporan audit personalia sebuah perusahaan, ada ga sma mbak? klo ad tolong dkirim ya mbak ke email saya kaban_tommy@yahoo.com
mhon bantuannya mbak

endang mengatakan...

aduh mas Tommy .. ngga ada kalo yang audit personalia, data2 sewaktu kuliah saya udah kabur entah kemana. maaf ya belum bisa bantu :(

Template by:

Free Blog Templates